Sabtu, 30 Januari 2016

Pengalaman Tes Kerja di PT Indorama Synthetics Tbk.

Mulai dari postingan ini dan beberapa postingan ke depan, gw mau berbagi pengalaman tes kerja di beberapa perusahaan. Tujuannya sih cuma ingin cerita-cerita aja, tapi lebih tepatnya untuk berbagi referensi dan membantu para jobseeker alias sesama jobseeker (karena saat ini belum kerja hehe), tapi postingan tentang pengalaman tes kerja gak ada maksud sama sekali untuk "sok tahu" dan menggurui apalagi untuk berpamer ria yaaaa :) KARENA... Setiap ada panggilan di perusahaan, gw terkadang suka googling terlebih dahulu, baca pengalaman orang-orang yang pernah tes kerja di perusahaan tersebut. Bukan buat nyari "bocoran" ya, tapi cuma pengen tau aja, step-nya bagaimana dan apa aja sih yang perlu dipersiapkan. Apalagi buat jobseeker pemula, pasti bingung deh harus gimana, dan tes kerja itu ngapain aja. Menurut gw, itu sangat membantu banget, setidaknya ada sedikit bayangan, makanya jadi terdorong deh untuk buat suatu tulisan tentang pengalaman tes kerja. Tapi inget ya, belum tentu tahapan rekruitmennya bakalan sama, jadi harus tetep belajar lebih banyak lagi biar persiapannya "matang". Semoga membantu!!! :D

Nah pengalaman pertama kali dan sangat perdana adalah di PT Indorama Synthetics Tbk. Perusahaan tekstil yang memproduksi bahan dasar pakaian atau yang sering disebut dengan polyester. Polyester itu polimer sintetik yang terbuat dari PTA (purified terepthalic acid) dan MEG (mono ethylene glycol). Reaksi pembuatan polyester itu reaksi esterifikasi. Hmmm... kalo mau tau proses lebih lanjut silahkan googling sendiri deh hihi. Kebetulan lowongan yang sedang dibuka itu di Divisi Polyester sebagai Engineer. Oh iya, setau gw sih Indorama itu ada dua, di Cilegon dan Purwakarta, kalo gw kemarin lowongan kerjanya Indorama yang di Purwakarta.

Ada beberapa tahapan tes kerja di perusahaan ini :

1. Tes Tulis TPA dan Bahasa Inggris (Rabu, 28 Oktober 2015)

Pengerjaan tes tulis TPA maupun Bahasa Inggris ini pake pulpen kok, pengerjaannya manual gak pake semacam lembar jawaban komputer gitu. Waktu pengerjaannya lupa sih tepatnya berapa lama, kisaran 60 menit. TPA-nya itu ada beberapa bagian, seinget gw sih ada matematika dasar, dasar banget kaya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pecahan, koma-koma-an gitu. Ada soal cerita sederhana. Terus ada bagian mainan kata-kata dasar kaya sinonim dan antonim. Ada lagi sih bagiannya, tapi lupa ._. maafkan ya, karena sudah terlalu lama tesnya haha. Nah, untuk Bahasa Inggris itu simpel kok, 10 soal hanya percakapan standar aja. Insya Allah temen-temen pasti bisa deh ngerjain tes tulis TPA dan Bahasa Inggris ini.

2. Tes Tulis Divisi dan Wawancara User (Rabu, 28 Oktober 2015)

Masih di hari yang sama, setelah melalui proses tahapan tes TPA dan Bahasa Inggris, kita langsung diantarkan oleh pihak HRD menuju divisi Polyester naik mobil antar-jemput khusus di pabrik Indorama ini, karena antara gedung divisi HRD dan divisi Polyester lumayan jauh sih. Karena waktu sudah siang, kita langsung diantarkan menuju kantin dan dapat makan gratis hihi. Kemaren sih lauknya itu telor balado dan sop ayam gitu. Lumayanlaaah~  Setelah itu, kita Sholat Dzuhur terlebih dahulu. Dan baru tau, ternyata musholanya itu di lantai 2 dan jadi satu sama plant-nya gitu. Hmmm agak kaget juga ada mushola di dekat plant, tapi Alhamdulillah berarti selalu mengingat dan mempermudah para pekerja untuk tetap beribadah kepada Allah ya hihi.
Setelah makan siang, masih sempet selfie di plant :p
Nah, menunggu waktu istirahat di Lobby~
Sambil menunggu waktu karyawan masuk kerja kembali, kita istirahat di lobby divisi Polyester. Ruangannya bagus banget dan terlihat masih baru banget gedung dan interior-nya, katanya sih emang gedung baru gitu ekspansi atau apa gitulah. Waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB, lalu kita diarahkan menuju ruang DCS untuk bertemu dengan User. Baru tau tahapannya, ternyata tes selanjutnya adalah tes tulis lagi yang lebih ke arah divisi atau seputar teknik kimia selama 1 jam. Waktu itu kira-kira soalnya sebanyak 13 buah. Soal-soal dasar sih, tentang fluida, konversi satuan, azaz black, heat exchanger, valve, segitiga api, COD dan lainnya. Alhamdulillahnya, masih fresh karena belum lama gw belajar untuk menghadapi soal ujian komprehensif, jadi kurang lebihnya pertanyaannya hampir sama kaya ujian komprehensif dan masih bisa di jawab.

Menunggu giliran wawancara user

Setelah itu, langsung menunggu lagi untuk wawancara dengan User. User disini adalah Head of Division dari Divisi Polyester. Awalnya gw kira langsung wawancara dengan orang India, yang artinya gw harus wawancara in English. Gak ada persiapan bro! Alhamdulillah-nya, HoD adalah orang Indonesia dan wawancarnya juga dalam bahasa Indonesia. Nah, sebagai referensi, wawancara disini yang ditanyakan sama percis dengan apa yang ada di tes tulis tadi. Yah intinya pengembangan dari jawaban dari tes tulis.  Wawancaranya sih kira-kira berjalan 20 - 30 menit.

Awalnya gw disuruh gambar Heat Exchanger tipe Shell and Tube, Double Pipe dan Plate and Frame, terus ditanya bedanya apa? lebih effisien yang mana? dikasih kasus kalo ada fluida seperti ini dengan laju alir segini kita pilih pakai heat exchanger apa?, terus dasarnya darimana?. Nah terus ditanya juga satuan ppm maksudnya apa? contoh realnya bagaimana? Terus konversi satuan ditanya dasarnya dapat nilai itu dari mana? disuruh turunin bisa dapetin angka segitu. Yaaaah gw bilang aja, itu hafal karena konversi yang sering dipakai sehari-hari, tapi tetep terus ditanya -__- dan masih banyak lagi. Ditanya juga KP dimana, gw jelasin aja gw KP di Badak dengan tugas khusus Pemanfaatan panas dari boiler blowdown. User-nya tertarik banget, sampe nanya pake pipa yang berapa inch, pake jenis valve apa, sampe ditanya merek valve-nya apa -___- Sampe segitunya dan yang pasti gw lupa jawabannya laaah hahaha.

Sebelum pulang, foto dululah~~~
Alhamdulillah, proses rekruitmen hari ini selesai. Seperti biasa, dari pihak hrd menjanjikan 1 atau 2 minggu akan diumumkan untuk proses selanjutnya. Waktu itu sih katanya kalo lolos, langsung MCU dan tanda tangan kontrak (?)

3. Wawancara Direksi (23 November 2015)

Hari demi hari terlewati belum juga dapat kabar dari perusahaan ini. Masih inget banget pada hari Senin, 16 November 2015, dapat telepon dari nomor yang berasal dari Purwakarta. Diberi tahu kalo gw Alhamdulillah lulus tes waktu itu dan diundang kembali untuk ke Purwakarta untuk wawancara dengan direksi alias orang India. LAH??? katanya waktu itu kalo lolos langsung MCU dan tanda tangan kontrak? Entahlah, mungkin untuk meyakinkan lagi, gw harus wawancara dengan direksi dan pastinya gw ikuti prosedur dari sana. Tadinya gw di suruh datang lagi kesana hari Rabu atau Kamis 18/19 November, berhubung di tanggal itu gw ada agenda alias ada Wisuda, gw minta di reschedule, sayang dong ah kuliah 4 tahun melewati momen besar wisuda? haha Akhirnya gw memenuhi undangan wawancara direksi pada tanggal 23 November 2015.

Pagi-pagi buta, khawatir macet tingkat dewa, gw berangkat dari rumah jam 4 pagi bawa mobil sendiri. Karena pada hari itu ada desas-desus bakalan ada demo buruh besar-besaran. Udah gitu kan, jarak Jakarta-Purwakarta lumayan jauh banget, eeeh pada akhirnya jam setengah 6 pagi gw udah sampai di Purwakarta ._.  Nunggu di pom bensin aja deh sampai waktunya tiba baru menuju Indorama, lumayanlah bobok ganteng gitu melanjutkan bangun tidur yang terlalu dini (?)

Singkat cerita, sampailah gw di divisi HRD dan diarahkan lagi menuju divisi Polyester, dan ternyata hari ini gw wawancara lagi dengan 2 orang, yang pertama HoD dan kedua orang India itu. Loh kok wawancara sama HoD lagi? Ternyata eh ternyata, wawancara waktu itu bukan sama HoDnya langsung, tapi wakil HoDnya ._. Ya sudahlah tarik napas aja lah ya :") Akhirnya dipertemukanlah dengan HoD dan hanya "ngobrol" sedikit sih. HoDnya baik banget, terus diantarkan ke ruangan direksi orang India itu. Jadi gw wawancara dengan orang India didampingi dengan HoD. Dan emang baik banget sih, selama wawancara HoD ini terkadang men-translate-kan pertanyaan dari direksi kadang juga jawaban gw diperjelas sama HoD itu baik banget kan???

Jangan takut wawancara sama direksi orang India disana, menurut HRD, orang Indianya sangat mau belajar untuk berbahasa Indonesia. Emang nyatanya bisa bahasa Indonesia sih, walau kadang agak kaku dan dicampur dengan bahasa Inggris. Malahan yah biasanya suru ceritakan sesuatu pake Bahasa Inggris, eh ini disuruh ceritain apa aja pake Bahasa Indonesia selama 5 menit. Nah sebagai refrensi, wawancara disini yang ditanyakan adalah tau Indorama dari mana? jelasin yang kamu tau tentang Indorama, bukan prosesnya loh yah, lebih ke arah profile company-nya. Terus kenapa mau masuk sini? seberapa lama bisa belajar dan beradaptasi disini? Ditanya semacam kasus gitu, kalo kamu lagi di plant, terus kalo kamu melihat ada api, apa yang harus kamu lakukan? terus kalo kamu punya bawahan, terus dia gak mau bekerja ataupun tidak mau "nurut" sama kamu, apa yang kamu lakukan?

Alhamdulillah, wawancara berlangsung sebentar, cuma sekitar 15-20 menitan. Terus gw disuruh keluar dulu, karena ada yang mau dibicarakan antara HoD dengan orang India itu. Nah disela-sela pembicaraan, kada orang India itu keluar dan lewat tempat gw duduk menunggu, terus menghampiri gitu sambil bilang, kamu abis ini ke HRD lagi ya, silahkan tanya apa aja fasilitas apa aja yang kamu dapat nantinya, sallary dan lainnya. Loh???? Dari sini tersirat kalo gw diterima dong oleh direksi orang India itu???

Setelah itu, gw kembali ke divisi HRD, tapi kali ini diantarkan langsung sama bapak HoD-nya, naik motor keliling plant hahaha asik banget gak tuh? Terima kasih Pak! Sambil menunggu salah seorang pihak HRD, gw diantarkan ke kantin untuk makan siang dahulu dan sholat Dzuhur. Alhamdulillaaah, makan gratis lagi wkwkwk. Lama menunggu salah seorang pihak HRD yang katanya lagi "diluar" tak kunjung datang, akhirnya disampaikan pesan saja dari pihak HRD itu. Alhamdulillah, gw lolos, terus dikasih tau kisaran sallary sama fasilitas apa aja yang akan didapatkan, kenapa hanya kisaran? Karena pastinya nanti offering-nya by phone aja, kata bapak HRD itu kasian kan harus bolak-balik Jakarta-Purwakarta. Kalo nanti setuju dengan offering-nya, katanya siap untuk bekerja di awal atau minggu kedua di bulan Desember. Hmmm.....

--oo0oo--

Seperti itulah pengalaman tes kerja di PT Indorama Synthetics Tbk divisi Polyester, karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, dengan berat hati gw tidak melanjutkan offering alias tidak bekerja disana dan harus berjuang lagi sebagai jobseeker. Pasti kepo deh dengan offering-nya? Mohon maaf untuk itu, sepertinya cukup privacy untuk diceritakan :) Terima kasih buat temen seperjuangan tes kerja disana, Daman yang menyediakan tempat untuk singgah di Cikarang, pihak HRD yang memberikan kesempatan tes kerja disana dan bapak HoD yang mau mengantarkan kembali ke divisi HRD, padahal gw disuruh panggil aja jemputan mobil Indorama untuk kembali ke divisi HRD. Sungguh pengalaman yang luar biasa, untuk pertama kalinya! :)

2 komentar:

  1. Dulu kirim lamarannya lewat mana ka?

    BalasHapus
  2. Mr. Vishnu Swaroop Baldwa
    President Director
    PT. Indorama Synthetics Tbk.


    Datatex dan PT. Surya Data Infokreasi bergabung untuk Pasar Manufaktur Tekstil Indonesia


    Dear Bapak Vishnu,

    Kami telah memperoleh rincian kontak Bapak dari Buku Panduan Tekstil & Garment Indonesia.

    Tujuan dari surat ini adalah untuk mengumumkan kemitraan Surya Data baru-baru ini dengan Datatex yang berbasis di Eropa, sebagai pemasok global terkemuka untuk solusi ERP yang didedikasikan khusus untuk industri manufaktur tekstil dan garmen.

    Surya Data bergerak dalam bisnis penyediaan solusi ahli untuk industri apparel & garmen sejak tahun 2011 dan telah bertahun-tahun membantu banyak perusahaan lokal untuk keberhasilan yang lebih tinggi dan daya saing yang berkelanjutan.

    Dengan adanya kebutuhan mendesak industri manufaktur tekstil di Indonesia solusi ERP khusus tekstil, kami telah memilih Datatex sebagai mitra kami untuk memungkinkan kami dalam memperluas industri kami yang terfokus pada konsultasi & IT juga ke sisi pasar tekstil.

    Dalam upaya kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang tantangan-tantangan khusus dan kebutuhan produsen tekstil & garmen dalam hal IT / solusi ERP, kami dengan hormat meminta Bapak untuk meluangkan waktu dalam meeting perkenalan. Ini akan membantu kami dan akan, pada saat yang sama menjadi nilai besar untuk Bapak / perusahaan Bapak untuk mempelajari lebih lanjut tentang Surya Data dan bagaimana kita mungkin bisa menjadi mitra dan nilai tambah bagi kesuksesan perusahaan Bapak di masa depan.

    Tim kami akan menghubungi Bapak dalam beberapa hari ke depan untuk mengkonfirmasi hari, waktu dan tempat meeting tersebut. Bapak juga bisa langsung menanggapi e-mail kami dengan mengkonfirmasi hal tersebut.

    Untuk informasi langsung mengenai Surya Data silahkan kunjungi kami di www.suryadata.com dan Datatex di www.datatex.com.

    P.S. : Klik tautan ini untuk melihat pengumuman kerjasama resmi kami.
    http://suryadata.com/2017/01/06/datatex-and-surya-data-infokreasi-team-up-for-the-indonesia-textile-manufacturing-market/

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


    AMOR – Your Garment System Specialist
    Has been used for more than 2,500 users in the Indonesian garment and still growing

    REDS XP – A Modern & Integrated Indonesian ERP
    100% Indonesia, Center for Diversity & Unity

    Regards,
    Mrs. Octaliana Jasintha (Nana)
    Customer Relation Assistant Manager
    Komplek Rukan Sedayu Square Blok F/12
    Jl.Lingkar Luar Cengkareng, Cengkareng Barat
    Jakarta Barat - 11730 - Indonesia
    +62 21 2255 6205
    +62 857 143 51 541
    octaliana@suryadata.com

    BalasHapus