Sabtu, 20 Februari 2016

Tips JOB FAIR ala Rizkyfadh

Mumpung masih anget-angetnya nih abis job fair kemarin, gw pengen sedikit bercerita dan memberikan informasi tentang job fair. Bukan berarti tau segalanya tentang job fair sih, cuma bisa di bilang sudah lumayan banyak mengikuti job fair, kalo diitung-itung, seinget gw udah 9 kali ikut job fair semenjak kelulusan gw dari Sarjana Teknik Kimia.

Job Fair di Balairung UI (19/02/16)
Selama masih menjadi mahasiswa, dulu di kampus beberapa kali ngeliat ada job fair di Aula kampus yang diadakan oleh salah satu jurusan.  Penasaran banget sih, karena emang gak pernah ngeliat sampe ke dalam ruangannya. Yaiyalah mesti beli tiket juga. Lagipula gw juga gak terlalu mikirin itu, masih fokus untuk mencapai kelulusan dan belum kepikiran sama sekali yang namanya cari kerja. Waktu itu, banyak sekali cewe maupun cowo dengan setelan yang formal banget ala ala orang kantoran gitu, megang amplop coklat, banyak berurusan dengan lembaran kertas, lalu lalang berkeliaran di sekitar Aula dan tempat photo copyan. Emang ngapain aja sih ya yang namanya job fair itu??? Pasti banyak banget orang-orang yang baru lulus dan punya pertanyaan yang sama dengan gw.

Nah dengan pengalaman job fair gw selama ini, gw coba menjelaskan job fair versi kacamata gw sendiri. Jadi, job fair itu semacam pameran beberapa perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dan membutuhkan karyawan. Nah biasanya job fair diadakan di dalam ruangan yang disekat-sekat gitu atau setiap perusahaan punya boothnya masing-masing. Tergantung niat perusahaannya nih, kadang ada perusahaan yang cuma sekedar ikut berpartisipasi dalam job fair, terus boothnya diwakili panitia job fair yang nggak tau detailnya dan ada perusahaan yang cuma sekedar memperkenalkan perusahaan atau mempromosikan produknya. Yang paling gw suka dan patut gw hargai, kalo ada perusahaan yang mengirimkan tim rekruitmen yang terjun langsung dalam setiap boothnya, welcome dengan pertanyaan-pertanyaan jobseeker, membuka fasilitas drop cv baik itu berupa soft copy mau pun hard copy dan yang terakhir ada bonus merchandise gitu bahaha. Top markotop dan 4 jempol deh buat perusahaan seperti ini.

Kadang gw bete banget, sama booth perusahaan yang diisi oleh panitia job fair. Kenapa? Karena mereka tidak tau detail dan tidak bisa mengarahkan sesuai dengan minat dan keahlian kita. Terus yang paling menyebalkan lagi, ada orang dari perusahaan yang jaga booth tersebut ketika ditanya-tanya, kita malah disuruh baca aja spanduknya dengan jutek gitu. Terus gw mikir keras, kalo emang gak mau capek ditanya-tanya, yaudah mending boothnya gak perlu ada orang, taro aja papan pengumuman dengan jelas sama tempat buat naro drop cv, jadi gak perlu dikasih harapan untuk bertanya dan memperoleh jawaban dengan tepat dan jelas. Rasanya kurang menghargai jobseeker aja kalo gitu sih :(

Nah ini ada beberapa tips dari gw dan menurut gw yang perlu dilakukan nih klo elo mau ikutan job fair....

TIPS JOB FAIR ALA RIZKYFADH~ ~ ~ 

Pertama, cara berpakaian gw sarankan untuk pake formal santai dan gak perlu ribet. Kadang gw liat-liat juga nih kalo banyak perusahaan bagus dan suka ada interview langsung, gw pake formal banget kaya orang kerja kantoran gitu. Tapii..... kalo biasa-biasa aja, kadang gw suka santai aja, malahan pake celana jeans. Hmmm bebaslah, yang penting sopan, jangan sampai pake kaos gitu. Dan biasanya gw pake sepatu pantofel. Eh liat juga melamar sebagai apa, waktu gw ikut job fair di SMESCO ada lowongan buat pramugara-pramugari gitu, dandanannya euy masyaAllah geulis and kasep pisan. Ngerasa minder beda style gitu kalo disandingin sama mereka huhuhu. Jangan lupa juga pakai parfum bro! Kasian yang antri di belakang lo ntar mihihihi

Kedua, untuk persiapan berkas apa aja yang dibawa yaitu CV. Print CV lo sebanyak mungkin. Ada dua pilihan, dalam CV lo taro foto terus elo print warna, ataupun dalam CV tidak ada foto, jadi bisa photo copy banyak, tapi nanti kita melampirkan juga foto tersendiri. Pilih aja yang termurah #eh. Nah jangan lupa siapin soft copy CV lo yang ditaro dalam flashdisk dengan ukuran kurang dari 500 kb. Karena ada beberapa perusahaan tertentu yang hanya menerima CV dalam bentuk soft copy dan sizenya itu kecil. Kalo nggak punya flashdisk, mungkin alternatif lain di simpan di smartphone lo, dengan catatan bawa juga kabel USB nya ya. Surat lamaran sih menurut gw gak perlu-perlu banget, tapi terserah kalo mau disiapkan juga gapapa. Fotokopi ijazah dan transkrip akademik ini lumayan penting juga dan sertifikat lainnya yang mendukung boleh dibawa. TAPI di antara semua berkas, yang paling penting dibawa adalah CV, karena hampir semua perusahaan hanya menerima drop CV tanpa embel-embel lainnya. Berkas lain yang gw sebutkan itu pilihan, dipersiapkan aja, kadang perusahaan minta CV lengkap beserta embel-embel itu.

Oh iya, berkas gak perlu dimasukkin ke dalam amplop coklat gitu. Itu pernah gw alamin pas pertama kali job fair. Udah rapi-rapi seperangkat berkas lamaran kerja gw taro amplop coklat, eh ternyata pas sampai di booth perusahaan katanya gak perlu pakai amplop coklat dan cukup drop CV saja, tidak perlu yang lain. Nah karena ketidak-tahuan gw itu, gw mengalami kerugian modal hampir 100 ribu rupiah untuk mempersiapkan berkas. Sayangkan jadinya :( Tapii... perlu juga disiapkan satu atau dua amplop coklat kosong, kali aja butuh~ sedia payung sebelum hujan kan lebih baik.

Ketiga, bawa pulpen. Penting banget buat ngisi-ngisi data lamaran kerja dan absensi daftar peserta dalam setiap perusahaan. Lucu aja kan, lo pusing sendiri gak punya pulpen disaat-saat seperti itu. Nah, jangan lupa bawa klip kertas atau streples deh, biar pada saat kasih berkas lamaran, itu rapi dan gak tercecer kesana kemari. Oh iya kadang gw bawa papan jalan, jadi kalo ngisi aplikasi lamaran dari perusahaan yang panjang kaya kereta api, gw gak perlu nyari tembok atau nyari punggung orang untuk dijadikan sebagai alas menulis lo haha.

Keempat, bawa minuman atau kalo memungkinkan makanan. Yang ikut job fair itu bukan lo doang, bukan satu atau dua orang, tapi banyak banget dari segala penjuru nusantara. Antri beli tiket aja udah bikin lapar dan haus, belum lagi lo ngantri di setiap booth perusahaan dan sesi tanya jawab dengan yang jaga booth. Udah gitu, yang dituju bukan satu atau dua perusahaan, banyak juga kan. Jadi butuh juga nih persiapan bawa minuman. Emang sih di setiap tempat job fair pasti ada kantin gitu, tapi kan posisinya itu di luar ruangan dan biasanya harganya lumayan dibulatkan ke atas (?) alias mahal.

Kelima, cek lagi dan datangi perusahaan yang sesuai dengan minat lo atau....... datangi semua perusahaan yang memberikan bonus merchandise HA HA HA gak mau rugi banget ya -_- abis lumayan kan, kadang suka dapet pulpen, notebook, minuman, ciki-ciki, goody bag, majalah atau buku bacaan gitu, malah gw kemarin dapet cream body butter gitu dari salah satu perusahaan kosmetik, kalo yang cewe-cewe mah seneng dan jadi inceran banget nih hahahaha.

Terakhir, jaga Attitude. Ini yang paling penting. Hargai panitia, pihak perusahaan dan sesama jobseeker. Ikutin semua prosedur dan peraturan yang ada. Coba bersikap elegan, antri dengan baik, jangan serabat serobot. Jangan buang sampah sembarangan alias meninggalkan kertas-kertas berserakan. Ingat waktu ya, jangan lupa sholat hihi.

Nah itulah beberapa tips kalo mau ikut job fair versi gw berdasarkan pengalaman selama gw ikut job fair. Secara garis besar, ikut job fair ya keliling booth perusahaan terus drop cv. Yang paling penting itu komunikasi dengan pihak yang jaga booth. Tanya aja lowongan pekerjaan yang sesuai dengan background kita, nanti juga akan diarahkan, kalo pun yang sesuai tidak lagi ada lowongan, kadang tetap dipersilahkan drop cv buat data bank mereka. Kadang, kalo emang hrdnya tertarik banget dengan kita saat itu, bisa langsung di-interview disana. Intinya, komunikasi yaa guys!


Yah walaupun kalo ikut job fair itu proses seleksi berkasnya lama ataupun berkas tersebut cuma dijadikan data bank buat perusahaan mereka, seenggaknya masih ada kesempatan satu langkah di depan, untuk bisa lolos dari seleksi berkas dan dapet panggilan kerja disana. Toh sudah dipastikan cv kita sampai di tangan hrd. Tenang aja, sejauh ini, buat gw sih setiap ikut job fair itu ada efeknya alias ada aja perusahaan yang tertarik dengan kita dan diundang untuk tes kerja. Kalo pun merasa masih belom ada efeknya, lagi lagi tenang aja, waktu itu gw di panggil, dari perusahaan yang ada di job fair beberapa bulan yang lalu. So, menurut gw, selagi ada kesempatan, selagi ada job fair dan terdapat perusahaan yang lumayan bagus, ikut aja deh, buat celengan panggilan di masa depan bahaha. Nanti bakalan bingung deh, kapan kita naro cv/lamaran di perusahaan itu ya, kok tiba-tiba dapet panggilan tes kerja hahaha.

Sayang untuk dibuang, ini ada beberapa foto saat mengikuti job fair...

Job Fair Engineering Expo UI (07/11/15)
Waktu itu lagi job fair di Fakultas Teknik UI, perusahaannya sih gak terlalu banyak saat itu. Nah kebetulan pas lagi di booth Dulux lagi ngadain kontes foto gitu. Iseng-iseng berhadiah, yaudah kita mau untuk di foto di tempat itu. Tapi sayangnya, fotonya lupa di upload ke twitter, alhasil buat kenangan aja deh.

USAKTI Jobfair 2015 (11/11/15)
Nah kalo yang ini bersejarah banget nih, jadi pada saat ikut job fair yang di Trisakti, ada mba-mba yang menawarkan foto gratis di booth ini terus harus di upload ke instagram atau twitter, dengan iming-iming nanti dapet tiket nonton gratis di XXI, tapi tiketnya harus ditukarkan di Central Park. Siapa sih yang gak tertarik? Toh jaraknya Trisakti ke Central Park kan deket, jadi yaudah deh. Ketika kita sampai di Central Park dan muter-muter cari gerai salah satu bank naik turun eskalator, akhirnya ketemu juga. Nah pas sampe sana, kita bilang kita dapat tiket gratis di XXI dan ditukarkan disini. EEEeee menyebalkan sekali, ternyata eh ternyata kita harus buka tabungan dulu di bank itu baru dapet tiket gratis. Laaah mba-mba yang di Trisakti tadi gak bilang ada syarat apa-apa atau suru buka tabungan. Hmmmm entahlah ini penipuan atau tidak, yang pasti saking keselnya, foto yang udah di upload ke instagram langsung di hapus aja. Huft. Ya ambil hikmahnya aja deh, jadinya kita punya foto ini haha.

Eat Happen sepulang Job Fair Kompas Karier Goes To UI (28/11/15)
Random banget deh, sebenernya yang dateng job fair cuma gw bertiga, gw, Daman dan Rihan. Nah cewe-cewe itu sebenernya pun mau dateng ke job fair, tapi karena udah kesiangan dan list perusahaan yang ada di job fair juga kurang bagus alias sedikit yang sesuai dengan background kita, alhasil malah ketemuan dan ngegaul bareng ke Tebet haha.

Warung Enon sepulang Job Fair BTC Mall, Bekasi (26/01/2016)
Hmmm sebenernya job fair di mall itu kurang greget rasanya dan gak terlalu recommended juga sih. Pertama, perusahaannya sedikit. Kedua, jarang banget buat S1 khususnya di bidang teknik kimia, kebanyakan yang di buka itu untuk lulusan SMA/SMK atau D3. Tapi... lagi-lagi sebelum dateng job fair, liat dulu aja siapa yang ngadain dan list perusahaannya, kalo menurut lo itu bagus-bagus, silahkan aja datang :) Nah, sepulangnya dari job fair, pengen banget buat ngegaul di daerah Bekasi, belum pernah dan udah lama gak ketemu sama mereka sih, yaaa itung-itung silaturahmi juga kan.

Okeee, semangat semangat hey para jobseeker, selalu yakin dan percaya, terus berusaha, segala sesuatu akan indah pada waktunya. Semoga kita diberikan pekerjaan yang terbaik, baik untuk kita, baik menurut Allah. InsyaAllah berkah. Aamiin ya Allah :)

3 komentar:

  1. Sekarang kerja dimana ?

    Kok bisa sunda jangan-jangan asalnya dari Jawa Barat ya?

    BalasHapus
  2. Aku baru mau datang ke job fair.. bingung disana kira kira ngapain aja.. akhirnya aku dapet pencerahan.. thanks.. :)

    BalasHapus